Jumat, 06 April 2012

telah mantap hati ini memilih jalan dakwah

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengapa sih harus berdakwah? Namun ada sebagian pula orang yang justru “ilfil” Dakwah artinya meyeru pada kebaikan. Segala sesuatu yang menyeru pada kebaikan merupakan bagian dari dakwah. Sesungguhnya dakwah merupakan kebutuhan kita sendiri. Dakwah akan terus diperjuangkan dengan atau tanpa kita. Namun janji dan perintah Allah lah yang membuat kami senantiasa tetap berada di jalan dakwah.
           
ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." [An-Nahl:125]

Maka dengan tujuan untuk menggapai ridho Allah, kami memilih jalan dakwah seperti yang telah diperintahkan Allah dan Rasul-Nya dalam Al-Qur’an dan hadits. Ada lima ikatan yang memperkuat kami dalam mengarungi jalan dakwah ini. Ikatan Aqidah, Al Fikrah (Pikiran), Al Ukhuwwah (Persaudaraan), At Tanzhim (Organisasi) dan Al ‘Ahd (Janji). Maka bersama lima pilar tersebut kami berdiri. Mencoba tegak di jalan yang berliku ini.

Walaupun jalan dakwah ini panjang, penuh liku dan kerikil, kami tetap ikhlas menapaki jalan ini karena kecintaan kami kepada Allah. Seperti kata Ustadz Hasan Al-Banna:
“Andai perjuangan ini mudah pasti ramai yang menyertainya. Andai perjuangan ini singkat pasti ramai yang istiqomah. Andai perjuangan ini menjanjikan kesenangan dunia pasti ramai yang tertarik padanya, Tapi hakikatnya perjuangn bukan begitu. Turun naiknya, sakit sedihnya, umpama kemanisan yang tak terhingga.”

Yang semakin menguatkan saya memilih jalan dakwah adalah karena saya percaya pada janji Allah, termasuk janji Allah dalam Q.S. Muhammad :7
“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

“Ya Allah, Tuhan yang Maha Membolak-balikkan hati kami, tetapkanlah hati kami agar tetap berada dalam ketaqwaan kepada-Mu dan istiqomahkan hati kami agar senantiasa berdakwah di jalan-Mu. Jadikanlah ikatan ukhuwah kami sebagai tiang penguat jalan dakwah kami.”

Allahu akbar… Allahu akbar… Allahu Akbar…


*yuliani indah permatasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar